Robben Island

 Robben Island

Pulau Robben (Robben Island) terletak di Samudera Atlantik kurang lebih 15 km dari kota Cape Town. Pulau ini dahulunya merupakan satu daratan dengan daerah Bloubergstrand, yang akhirnya terpisah akibat fenomena alam yang terjadi pada jutaan tahun yang lalu. Pulau ini mempunyai luas wilayah 574 ha. Di sana banyak terdapat anjing laut sehingga orang-orang Belanda menamakannya Robben Island yang berarti pulau anjing laut.

Pulau ini merupakan tempat penahanan para pejuang Afrika Selatan yang melawan pemerintahan rezim Apartheid. Bekas Presiden Nelson Mandela pernah mendekam di sana dari 1964 sampai dengan 1974. Sejak 1660-an Belanda telah menggunakan Robben Island untuk menahan para pejuang politik yang berasal dari Asia terutama Indonesia. Orang Cayen dari Sumatera merupakan orang Asia pertama yang ditahan di sana pada 1667.

Pangeran Cakradiningrat IV dari Madura juga ditahan di pulau ini selama 12 tahun hingga akhir hayatnya. Penghuni pertama dari Afrika Selatan adalah Autshumato (Harry) kepala suku bangsa Khoikhoi yang ditahan oleh Jan Van Riebeeck pada 1658, tetapi setahun kemudian bersama kawan-kawannya berhasil melarikan diri dan lolos dari pulau tersebut. Robben Island banyak menarik perhatian wisatawan asing maupun lokal karena nilai sejarahnya yang cukup tinggi.

Robben Island hanya dapat dijangkau dengan menggunakan kapal baik ferry maupun kapal-kapal kecil lainnya. Perjalanan dengan kapal ke Robben Island kurang lebih memakan waktu selama 30 menit.Klik halaman 2 melihat Afsel dan sektarnya

 
 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s